Kamis, 13 Maret 2014

KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK ANAK USIA DINI

Untuk menjadi pendidik yang profesional di bidang pendidikan anak
usia dini terdapat berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Apakah yang
dimaksud dengan kompetensi? “Kompetensi merup
akan pengetahuan,
keterampilan, sikap dan nilai
-
nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan
berpikir dan bertindak. Kompetensi dapat dikenali melalui sejumlah
indikatornya yang dapat diukur dan diamati. Kompetensi dapat dicapai
melalui pengalaman belajar yang di
Untuk menjadi pendidik yang profesional di bidang pendidikan anak
usia dini terdapat berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Apakah yang
dimaksud dengan kompetensi? “Kompetensi merup
akan pengetahuan,
keterampilan, sikap dan nilai
-
nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan
berpikir dan bertindak. Kompetensi dapat dikenali melalui sejumlah
indikatornya yang dapat diukur dan diamati. Kompetensi dapat dicapai
melalui pengalaman belajar yang di
kaitkan dengan bahan kajian dan
bahan pelajaran secara kontekstual” (Kurikulum 2004). Menurut
P
eraturan
P
emerintah No. 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan
pasal 28 ayat 3, kompetensi pendidik sebagai agen pembelajaran pada
jenjang pendidikan
dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini
meliputi:
a.
Kompetensi Pedagogik
b.
Kompetensi Kepribadian
c.
Kompetensi Profesional
d.
Kompetensi Sosial
a.
Kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan tenaga
pendidik untuk menjadi teladan bagi anak, kemampua
n
menginternalisasikan nilai
-
nilai dalam tindakannya, menjadikan kasih
sayang sebagai dasar dalam mendidik anak, memiliki tanggung jawab
yang tinggi terhadap anak, me
nampilkan hubungan kewibawaan
antara dirinya dengan anak didi.
b.
Kompetensi kepribadian
ad
alah kemampuan pendidik untuk
menampilkan pribadinya secara utuh
, antara lain meliputi
1)
Siap mendengarkan anak untuk memahami keluhan dan
perasannya
2)
Menggunakan komunikasi personal baik secara lisan (verbal (lisan)
maupun dengan tindakan (non verbal)
m
elind
ungi anak tanpa
mengorbankan spontanitas dan kegembiraannya
3)
Menghargai perbedaan dan keunikan anak, serta tanggap terhadap
kesulitan yang dihadapi anak
4)
Memiliki kepedulian, sikap empati, responsife, mampu memberi
dorongan dan semangat kepada anak
5)
Sabar dal
am menghadapi setiap kesulitan
6)
Membawa humor dan imajinasi ke dalam kelompok anak
7)
Bertanggung jawab untuk memaksimalkan
potensi anak dan
keluarganya.
c.
Kompetensi profesional
adalah pengetahuan, keterampilan, dan
sikap yang harus ditampilkan pendidik dalam
melaksanakan
tugasnya secara khusus sebagai pendidik anak usia dini.
Kompetensi ini antara lain
meliputi
:
1)
Mengetahui dan mamahami karakteristik kebutuhan dan
perkembangan anak, serta mampu menerapkannya dalam
praktek
2)
Memiliki berbagai pengetahuan dalam bi
dang pendidikan anak
usia dini
3)
Mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan
dan cara belajar anak
4)
Menggunakan pengetahuan tentang perkembangan anak untuk
menciptakan lingkungan dan iklim belajar yang kondusif dan
menantang
5)
Merencanakan dan mel
aksanakan kurikulum yang berorientasi
perkembangan (fisik
-
motorik, sosial
-
emosi, kognitif, kreavitas,
bahasa)
6)
Memahami tujuan dan manfaat penilaian bagi perkembangan
anak
7)
Memahami dan mampu mempraktekkan penilaian yang dapat
dipertanggungjawabkan dalam ber
mitra dengan keluarga dan
profesi lain
8)
Menggunakan berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran
yang berorientasi pada perkembangan anak
9)
Mengembangkan kurikulum yang bermakna dan sesuai dengan
karakteristik perkembangan dan kebutuhan anak
10)
Bersikap kreatif
, inovatif dan terbuka terhadap ide
-
ide baru.
d.
Kompetensi sosial antara lain meliputi:
1)
Memahami anak dalam konteks keluarga, budaya, dan
masyarakatnya
2)
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang keluarga dan
masyarakat
3)
Mendukung dan memberdayakan keluarga
dan masyarakat
melalui hubungan timbale balik yang saling menghargai
4)
Melibatkan keluarga dan masyarakat dalam mendukung
perkembangan dan belajar anak
5)
Mampu berkomunikasi, bekerja sama serta memanfaatkan
sumber
-
sumber belajar yang ada di lingkungan keluarga
dan
masyarakat baik sumber daya manusia maupun sumber daya
alam.
Dalam prakteknya, tentu saja keempat jenis komptensi tersebut
satu sama lain tidak dapat dipisahkan, akan tetapi merupakan suatu
kesatuan yang integral dan utuh yang harus terinternalisasi
dalam diri
pendidik.
Di samping kompetensi
-
kompetensi sebagaimana dikemukakan di
atas, menurut Janice (1994) pendidik anak usia dini perlu memiliki
sejumlah keterampilan sebagai berikut:
a.
Memelihara keselamatan kelas
b.
Memelihara kesehatan kelas
c.
Menata at
au mengelola lingkungan belajar
d.
Meningkatkan keterampilan fisik
e.
Meningkatkan keterampilan kognitif (daya pikir)
f.
Meningkatkan keterampilan kreatif (daya cipta)
g.
Meningkatkan keterampilan sosial
h.
Meningkatkan keterampilan komunikasi
i.
Mengembangkan konsep diri y
ang positif
j.
Memberikan bimbingan
k.
Mengelola program
l.
Meningkatkan keterlibatan keluarga
m.
Meningkatkan profesionalisme
B.
Permasalahan
P
rofesi
P
endidi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar